judi bola

Apa itu Internet of Things (Iot)

Perangkat yang terhubung cerdas, konektivitas nirkabel di mana-mana dan komputasi berbasis cloud terukur telah menciptakan platform untuk Internet of Things (IoT). Platform IoT ini memungkinkan organisasi untuk memantau, mengontrol, mengoptimalkan, dan mengotomatiskan operasi mereka dengan cara yang sebelumnya tidak terbayangkan. Di banyak industri, IoT mengganggu model bisnis tradisional yang menyebabkan perusahaan bertanya pada fundamental.

Ini mengarah ke banyak organisasi sektor swasta dan publik yang menanyakan bagaimana mereka dapat menggunakan IoT untuk menciptakan sumber nilai baru. Ada yang menggunakannya untuk memberikan efisiensi operasional baru. Manajemen aset jarak jauh memungkinkan organisasi untuk melacak aset secara real-time dan membuat penggunaan tim lapangan mereka lebih efisien. Perawatan prediktif mengurangi waktu henti dengan mengganti komponen sebelum gagal. Analisis real-time membantu karyawan membuat keputusan yang lebih baik. Dan sistem IoT yang cerdas dapat mengotomatiskan proses yang berulang dan dapat diprediksi.

Sistem IoT

Internet of Things memperluas konektivitas internet di luar perangkat tradisional seperti komputer desktop dan laptop, ponsel pintar dan tablet ke beragam perangkat dan hal-hal sehari-hari yang memanfaatkan teknologi tertanam untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan eksternal, semua melalui Internet.

Namun, untuk saat ini, ada banyak sekali teknologi di luar sana yang dapat secara akurat digambarkan sebagai mengaktifkan IoT. Hanya di tingkat jaringan, ada Bluetooth, Bluetooth LE, ZigBee, RFID, Wi-Fi, seluler, Z-Wave, 6LowPAN, Thread, NFC, Sigfox, Neul, LoRaWAN, Alljoyn, IoTivity, Weave, Homekit, MQTT, CoAP, JSON-LD, dan masih banyak lagi yang dapat dan memang berperan dalam implementasi IoT.

Aplikasi IoT

Sistem IoT memiliki pengembangan aplikasi di seluruh industri melalui fleksibilitas dan kemampuan unik mereka untuk menjadi cocok di lingkungan apa pun. Mereka meningkatkan pengumpulan data, otomatisasi, operasi, dan banyak lagi melalui perangkat pintar dan teknologi pengaktifan yang kuat.

IoT ada di mana-mana, tetapi pasti ada beberapa vertikal di mana itu lebih umum. Industri berat bisa dibilang adalah sektor yang telah bekerja dengan konsep IoT untuk yang terpanjang, berkat SCADA dan robotika, dan ia punya sub-jenis IoT – IoT industri, atau sering hanya IIoT. Berbagi data untuk keperluan pemeliharaan dan operasional membuat peralatan industri jauh lebih responsif dan berguna serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman juga.

Keamanan IoT

Keamanan IoT adalah bidang usaha yang berkaitan dengan menjaga perangkat dan jaringan yang terhubung di Internet of Things (IoT). Hal pertama yang terlintas dalam benak kebanyakan orang ketika mereka berpikir tentang keamanan IoT adalah enkripsi. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang itu, maka jangan khawatir, Anda tidak sepenuhnya salah. Enkripsi adalah komponen keamanan yang penting, tetapi itu hanyalah satu bagian dari keseluruhan cerita. Namun, dengan sendirinya, enkripsi tidak memberikan keamanan dengan cara yang kebanyakan orang cenderung berpikir.

Keamanan, seperti kebanyakan hal, memiliki kurva pengembalian yang semakin berkurang versus biaya. Apa yang diperlukan IoT adalah keseimbangan yang baik dari tindakan keamanan yang cukup kuat yang ekonomis dan terukur secara besar-besaran. Masalah besar pertama adalah bahwa perangkat IoT yang dikompromikan dapat, dalam beberapa kasus, menawarkan jalan ke jaringan perusahaan untuk aktor jahat. Smart TV yang aman, kamera keamanan – apa pun yang mengakses jaringan adalah vektor potensial untuk serangan.

Interoperabilitas IoT

Manfaat penuh dari Internet of Things hanya terwujud ketika sejumlah besar perangkat mampu berinteraksi satu sama lain – dan disitulah terletak masalah besar. Jumlah pemain yang berbeda di pasar mencakup beragam, baik secara horizontal, dalam hal fungsionalitas, dan secara vertikal, di antara industri yang berbeda.

Dengan sejumlah besar perusahaan "melakukan IoT," – kebanyakan perusahaan teknologi besar, termasuk Google, Microsoft, Apple, Cisco, Intel, dan IBM memiliki berbagai jenis permainan IoT – semua bekerja untuk membawa sebanyak mungkin pengguna ke dalam masing-masing ekosistem, motivasi untuk memastikan sistem dan perangkat IoT dari perusahaan yang berbeda semua bekerja dengan satu sama lain kadang-kadang kurang.

Platform IoT

Satu perangkat IoT terhubung ke yang lain untuk mengirimkan informasi menggunakan protokol transfer Internet. Platform IoT berfungsi sebagai jembatan antara sensor perangkat dan jaringan data.

Berikut ini adalah beberapa platform IoT teratas yang ada di pasaran saat ini:

Layanan Web Amazon

Microsoft Azure

Platform ThingWorx IoT

IBM Watson

Cisco IoT Cloud Connect

Cloud IoT Salesforce

Oracle Integrated Cloud

GE Predix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *