judi bola

Estimasi Cadangan

Di C.G.S. sistem, tonase dalam satuan metrik dihitung dengan mengalikan berat jenis mineral ekonomi dengan volume total dalam meter kubik. Di F.P.S. sistem, volume total dalam kubik kaki harus dibagi dengan faktor tonase. Faktor tonase mewakili jumlah kaki kubik dalam satu ton bijih. Faktor tonase dapat dihitung dengan rumus: 2240 / 62,5Xg kaki kubik, di mana g adalah berat jenis bijih.

Total cadangan di suatu area dapat diketahui dengan membagi volume dengan faktor tonase. Perhitungan berat badan harus dijaga karena adanya ruang pori, patah tulang, dan rongga di badan bijih.

Untuk memperkirakan cadangan, langkah pertama adalah merencanakan membagi wilayah deposit mineral ke sejumlah blok cadangan bijih. Pada kertas rencana, setiap lubang atau lubang bor adalah satu unit.

Untuk setiap blok, area pengaruh perlu dihitung. Volume dapat diperoleh dengan mengalikan area dengan lebar sebenarnya dari tubuh bijih. Sikap deposito menentukan metode perhitungan luas.

Total tonase dapat dihitung dengan menambahkan tonase di masing-masing blok. Nilai rata-rata (A) diberikan oleh rumus:

T1A1 + T2A2 + T3A3 … T10A10 / T1 + T2 + T3 … T10

Jika 10 cadangan bijih ada di deposit dan tonase masing-masing diambil sebagai, T1, T2, T3, dan nilai diwakili oleh A1, A2, A3.

Ada dua metode utama untuk menemukan area blok sebagai 1. Geometris, dan 2. Grafis.

Metode area yang disertakan, metode extended area, metode segitiga, dan metode polygon termasuk dalam kategori sebelumnya. Dalam kategori terakhir, ada metode pemetaan isochore, kontur stratum, metode bagian melintang.

Sebelum penggunaan metode apa pun, area mineralisasi harus dibatasi berdasarkan pengetahuan geologi area seperti kelanjutan bijih, fitur struktural, pitch, dll.

Jika lubang bor atau lubang dibor dalam pola grid, metode area yang disertakan sangat dianjurkan. Dalam metode ini, area pengaruh dan karenanya bobot di lubang pusat atau lubang bor adalah dua kali dan empat kali sisi dan lubang sudut. Semua blok memiliki area pengaruh yang sama dalam metode area luas. Metode segitiga dan poligon sebagian besar berlaku untuk pola non-grid titik sampling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *